The AiR I bReaThe

and the Story within

Samoyed.. Doggy Impianku..

on October 12, 2009

para pembaca blogku.. as u know *kalo blum tw baca “About”*, gw ini pecinta anjing pake banget… gw punya beberapa doggy, tp skrg sisa 1.. gw sayang banget banget ma mereka.. kluarga gw jg.. doggy gw di rmh itu bo2 di atas ranjang bareng qta.. makan jg kadang pake piring qta.. mgkn yg ga suka anjing bakal blg jorok, tp penyayang anjing pasti udah tau itu memang yang kita lakukan kalo qta sayang banget ma doggy.. makhluk satu itu bener2 sahabat yang baik.. mereka selalu ada di saat qta sedih, dan bahkan kalo qta lagi seneng2 di luar, qta ga ngajakin mereka kan.. tp mereka te2p sayang ma qta.. selalu nungguin qta pulang.. huhuhuh.. jadi terharu sendiri gw.. -_-“

ok, pada post2an kali ini.. gw pengen nyeritain n ngutip2 dikit ttg anjing yang pengen banget gw miliki.. nama trahnya samoyed.. anjing kutub gt.. putih2 lucu.. hihihihi.. tp apa daya gw ga mgkn donk beli… harganya aja 4jutaan.. gila!!!!! *bagi yang punya samoyed, n mo ngasi ke gw boleh yah!! gw penyayang anjing bgt kok.. doggy gw yang skrg umurnya udah 7 taon.. gw pelihara dari SMP sampe skrg gw uda mo kelar kuliah*..

berikut kutipan dari wiki ttg samoyed..

Samoyed adalah salah satu dari 14 anjing ras termurni di dunia. Bulunya tebal, berwarna putih, dengan wajah khas yang mirip dengan serigala. Bentuk tubuhnya tegak sempurna, dengan ekor yang melengkung ke arah punggungnya. Mata dan mulutnya dibingkai oleh garis warna hitam, menegaskan ekspresi wajah yang selalu ramah. Begitu ramahnya, anjing ini memiliki julukan anjing tersenyum.

Nama Samoyed diambil dari nama bangsa yang hidup di Siberia, yang salah satu sukunya Nenet membiakkan anjing ini untuk membantu kehidupan sehari-hari mereka. Tempat tinggal mereka yang dingin di Siberia tidak menjadi masalah berkat bulu yang sangat tebal.

Samoyed memegang peran yang vital dalam keluarga suku Nenet. Selain menggembalakan rusa kutub dan menarik kereta salju, Samoyed juga diandalkan menjaga anak-anak mereka. Di saat malam hari, Samoyed dijadikan kasur hidup yang hangat di dalam kemah suku yang nomaden ini.

hihihi lucu yah.. mereka bs dijadiin kasur.. wkwkwwk.. tapi pelihara samoyed ga gampang lohhh..

1. JANGAN BELI SAMOYED JIKA HANYA MELIHAT PENAMPILANNYA LUARNYA SAJA
Penampilan cantik samoyed pada dogshow adalah hasil dari mandi dan grooming selama berjam-jam. Penampilan natural dari samoyed adalah anjing penggembala biasanya hidup bersama debu, rerumputan yang menempel di bulunya. Kecantikan samoyed yang sebenarnya terletak pada karakternya, bukan pada penampilannya.

2. JANGAN BELI SAMOYED JIKA ANDA TIDAK INGIN BERBAGI RUANG RUMAH DAN KEHIDUPAN BERSAMA ANJING
Samoyed adalah trah yang berbagi dalam pekerjaan dan keluarga (berburu, menggembala, menarik kereta, dll) dan menghabiskan waktunya bersama keluarga. Mereka berkembang dengan persahabatan dan mereka ingin ada dimanapun anda berada. Samoyed sangat senang tinggal bersama anda di dalam rumah dan pergi keluar bersama-sama. Jika samoyed ditinggal sendiri (lebih baik diberi akses untuk ke lapangan), tetapi jangan diasingkan. Seekor anak anjing yang diasingkan akan tumbuh jadi kurang sosial, tanpa kendali dan sedih. Dia akan meluangkan waktu dengan cara menggali atau menggonggong yang akan membuat anda atau tetangga menjadi tidak senang. Begitu pula dengan anjing dewasa.Companionship dilakukan sebanyak mungkin, menikmati samoyed tidur di kamar pada malam hari dan berbagi aktivitas sehari-hari. Jika anda terlalu sibuk atau tidak ingin ada persahabatan, atau anjing yang hanya dikandang, yang mungkin dapat diterima adalah trah anjing pada group 2, atau mungkin kucing.

3. JANGAN BELI SAMOYED JIKA ANDA TIDAK BERMAKSUD MELATIH ANJING ANDA
Samoyed perlu diberikan pelatihan dasar dan peraturan rumah. Anda harus mengajari perintah untuk datang, rebah, diam, lepas tali, dll. Juga harus diajarkan bagaimana menghormati peraturan rumah, misal apakah diperbolehkan naik ke sofa? Minta makanan? Anakan samoyed lebih mudah dilatih karena mereka ingin menyenangkan, cerdas, karakternya tenang. Begitu samoyed belajar sesuatu, ia akan menguasainya dengan baik. Anakan samoyed anda yang kecil dan lucu akan tumbuh besar dan berkuasa. Ia akan menghargai anda, semua kekuatan fisik dan mentalnya akan dilakukan untuk anda. Jika ia tumbuh tanpa peraturan dan pengarahan, samoyed akan membuat peraturan sendiri, berdasarkan insting hewannya bahkan menjadi liar atau menjadi pemalu. Sesungguhnya perintah tidak dapat ditransfer dari orang satu ke orang lain karena relationship of respect dan kepatuhan adalah personal antara anjing dan individu yang melatihnya. Saat samoyed dilatih dengan bantuan pelatih, seharusnya pemilik yang melakukan pelatihan langsung.

4. JANGAN BELI SAMOYED JIKA ANDA KURANG PUNYA SIFAT PEMIMPIN (TIDAK TEGAS)
Anjing tidak percaya akan persamaan status sosial. Mereka hidup berdasarkan status berhirarkhi yang dipimpin oleh pemimin (Alpha). Jika anda berpikir mungkin merasa kesulitan untuk mempunyai kepercayaan diri untuk melatih kepemimpinan, maka pilihlah trah yang secara sosial lebih rendah, misalnya golden retriever atau shetland sheepdog, dan mintalah pada pembiak untuk memilihkan anjing yang patuh untuk anda. Kucing tidak membutuhkan leadership, gerbil atau hamster, atau ikan juga. Dengan sikap yang tegas maka anjing akan memandang anda sebagai penguasa. Maka anjing akan patuh pada anda, bukan sebaliknya.

5. JANGAN BELI SAMOYED JIKA TIDAK MENGHARGAI PERSAHABATAN DAN KASIH SAYANG
amoyed senang berada di dekat anda, biasanya berada di ruang yang sama, di bawah meja atau hanya menemani anda, mereka senang perbincangan, dielus dan dipeluk, tapi mereka moderate dan tidak terlalu berusaha keras mendatangi anda untuk meminta perhatian. Mereka sensitif secara emosional terhadap orang favorit: saat anda senang, bangga, marah atau sedih, samoyed anda akan merasakannya dan akan percaya bahwa dia adalah penyebabnya.

6. JANGAN BELI SAMOYED JIKA ANDA SANGAT KRITIS TENTANG RUMAH
Bulu tebal dan berlapis dua pada samoyed dan kesenangannya menggali air dan lumpur dapat membawa kotoran ke dalam rumah dengan mudah. Bulu dadanya yang mengembang akan menjadi basah saat dia minum dan membuat ceceran air di lantai atau membuat pangkuan anda menjadi basah. Samoyed rontok secara musiman, di musim semi bulunya akan rontok dan bertebaran di dalam rumah atau saat grooming.

7. JANGAN BELI SAMOYED JIKA ANDA MENOLAK GONGGONGAN

8. JANGAN BELI SAMOYED JIKA ANDA TIDAK SUKA MELAKUKAN GROOMING RUTIN
Bulu tebal, panjang dan putih membutuhkan grooming secara rutin, tidak hanya menjadi bersih tetapi juga memelihara kesehatan kulitnya dan mendeteksi dan menghilangkan parasit yang berbahaya. Untuk ”Pet” grooming setidaknya meluangkan waktu 10-15 menit perhari (misal sambil mendengarkan musik atau menonton tv) atau ½ jam dua kali seminggu. ”Show” grooming membutuhkan skill dan waktu yang lebih banyak. Samoyed yang sudah lama tidak digrooming akan menimbulkan gimbal, kotor, kadang-kadang bercampur urine dan feces.

9. JANGAN BELI SAMOYED JIKA ANDA TIDAK SUKA LATIHAN SETIAP HARI
Samoyed butuh latihan untuk mempertahankan kesehatan jantung, paru-parunya dan ototnya. Samoyed tidak akan cukup latihan dengan sendirinya kecuali anda menemaninya bermain. Samoyed dewasa butuh keluar 1 mile pagi hari dan malam hari. Untuk anakan lebih singkat dan jalan lebih pelan, beberapa kali sehari pelatihan dan housebreaking. Jika anda tidak ingin latihan maka pilihlah kucing atau hamster yang dapat menyenangkan dirinya sendiri.

10. JANGAN BELI SAMOYED JIKA ANDA PERCAYA BAHWA ANJING DAPAT LARI BEBAS
Dimanapun anda tinggal, tidak ada anjing yang dapat ditinggalkan pergi bebas diluar pagar rumah dengan aman tanpa perhatian dan kontrol. Harga yang akan didapatkan dari kebebasan itu adalah kecelakaan atau kematian: dari perkelahian, mobil, orang asing. Walaupun samoyed adalah home-loving dan kurang sifat menjelajah, samoyed yang tidak dipagari adalah bencana.

11. JANGAN BELI SAMOYED JIKA TIDAK ADA USAHA UNTUK MENYEDIAKAN MAKANAN DAN KESEHATAN
Samoyed bukan trah yang murah untuk dibeli, sebagai hasil dari program breeding yang hati-hati dengan tempramen, kemampuan untuk dapat dilatih dan kemolekan fisik tidak dapat diperoleh dengan murah. The ”bargain” puppy dari ”back-yard breeder” yang melakukan pemacakan tidak terselektif antara dua samoyed akan mengakibatkan tempramen, kesehatan yang buruk dan kurang sosialisasi. Biaya investasi awal untuk samoyed tidak dapat dikatakan murah, karena sebagai medium large dog, sams makan relatif banyak. Butuh untuk membayar tagihan dokter, ke salon professional grooming. Membeli perlengkapan grooming untuk di rumah, tapi sekali dibeli dapat digunakan untuk seumur hidup anjing. Pengeluaran untuk pelatihan anjing training obedience dan investasi keharmonisan hidup bersama anjing ada;

12. JANGAN BELI SAMOYED JIKA ANDA INGIN ANJING PENYERANG
Watak samoyed yang terkenal adalah ”friendly neighbourhood dog” bukan omong kosong, mereka lebih senang bermain dengan seorang kriminal daripada menyerangnya. Juga karena hasil breeding yang selektif untuk karakter yang baik, sams adalah ”soft-mouthed” dogs.

13. JANGAN BELI SAMOYED JIKA ANDA TIDAK ADA KOMITMEN SEUMUR HIDUP ANJING
Tidak ada anjing yang berhak mendapatkan penolakan karena pemiliknya pindah ke no-pet apartment atau karena ia sudah besar bukan lagi anak anjing yang lcu, atau tidak berkembang menjadi pemenang dalam kontes atau kurang kepemimpinan dari pemiliknya sehingga menimbulkan kebiasaan buruk. Pastikan anda dapat menghubungi breeder anda atau klub lokal jika anda merasa kesulitan menangani samoyed anda, sehingga dapat dipecahkan. Rentang umur samoyed sekitar 12-15 tahun. Jika terasa terlalu lama bagi anda maka please do not buy one!

14. Sammies, khususnya pembosan, mereka mempunyai ide sendiri yang dinamakan „digging” atau „menggali”. Jika anda sangat menyukai bercocok tanam atau berkebun yang indah, jadi jangan beli samoyed.

15. Samoyed senang hidup bersama manusia – di dalam rumah, atau ranjang. Mereka tidak suka ditinggal sendiri. Jika anda memiliki lapangan yang dipagari, pastikan aman. Samoyed adalah seniman melepaskan diri yang natural. Mereka dapat memanjat pagar tinggi dengan mudah. Dan sekali di luar pagar, mereka dapat lari!!! Jangan merantai mereka, — ini kejam dan menderita. Untuk keamanannya samoyed harus diawasi dalam kandang. Jika tidak dapat dilakukan, carilah trah lain, jangan beli samoyed. Atau tidak punya lapangan yang dipagari, jangan pikirkan untuk membeli samoyed.

16. Samoyed tidak menggonggong? Mereka hanya membuat suara woo woo yang lucu. Well, anda salah. Mereka menggonggong dan akan mengganggu tetangga jika ditinggalkan tanpa pengawasan. Jangan beli samoyed jika anda tidak mampu memonitor gonggongannya.

17. Kehidupan anda sibuk. Anda tidak punya waktu untuk menyisir anjing anda sekali dalam seminggu dan menggunting kukunya, Jangan beli samoyed. Samoyed kenyataannya dapat tetap bersih tapi grooming tiap minggu adalah keharusan.

18. Jika Kenyataan di atas tidak menjadi masalah bagi anda, SELAMAT, samoyed dapat menjadi masa depan anda! Semua skenario dapat saja terjadi, tapi itu bukanlah kesalahan anjing. Samoyed secara natural pandai dan kreatif. Samoyed yang pembosan dan diabaikan dapat menjadi SANGAT kreatif. Tapi dengan kesabaran dan sedikit modifikasi kelakuan (bagi anda dan anjing anda) Samoyed akan menjadi hewan peliharaan yang menyenangkan

sumber : http://whitechristal.multiply.com/reviews/item/5

bagi yang ga tw samoyed itu yang mana.. ini nih gw kasi liat poto2nya.. jadi kalo ada yg mw ngasi ke gw, inget yah yang kyk gini.. kamxia sebelomnya.. wkwkw.. ngarep -__-”
samoyed

samoyed-training

tintin_samoyed10


2 responses to “Samoyed.. Doggy Impianku..

  1. bitch, the says:

    abang2an gwa punya samoyed hadiah ultah dari temennya. gwa kasi nama shiro. dan kalo gwa bilang, shiro itu penipu! baunya kek anak ayam karena suka acak2 pipis dan eeknya sendiri, mukanya kek beruang kutub, kelakuannya kek setan, dan bunyinya kek monyet. tapi tetep, muka lucunya bikin gwa meleleh kalo gwa lagi dogsitting dan daddynya lagi ga ada. shiro ini buwandel sekali. seumur2 abang gwa punya anjing, gada yg sebandel dia. oh, dulu daddynya shiro ini pernah ngelola shelter untuk stray dogs sendirian. pernah ampe 35 anjing dan tetep, gada yg bandelnya nyamain shiro. anak itu jail setengah mampus. kalo abang2nya–mixed rottweiler dan chow2, sama siberian husky–lagi pada anteng, kadang2 suka diajak2 brantem2an. padahal mereka lagi gak mood. udah sering disentakin ama si abang siberian husky yg udah 5 taun juga tetep aja dia bandel, gangguin lagi. hihi.
    oh, shiro baru 5 bulan. jantan. manja setengah mampus dan ga bisa ditinggal sendirian. tapi, gimanapun, dia temen yg menyenangkan kalo gwa lagi bete (=

    oh, ini shiro: http://www.facebook.com/photo.php?pid=2824324&l=3ad1d50593&id=609572757

    • noph2 says:

      hihihi.. mgkn shiro nya lg masa puber.. kalo lg puber kan apa jg digigit.. wkwkw.. sampe furniture rusak smua.. ntr kalo shiro dah tua jg bakal kangen masa2 bandel dy.. aku dah liat fotonya.. lucu shironya.. hwhehe..

Leave a comment